Sejarah Olahraga Bulu Tangkis

sejarah bulutangkis Apr 30, 2019

Sejarah Olahraga Bulu Tangkis

Spread the love

Sekarang kita akan membahas sejarah Bulu Tangkis atau Badminton, Olahraga ini meripakan olahraga yang dimainkan menggunakan raket, dan dimainkan oleh dua orang untuk tunggal dan dua pasangan untu ganda, olahraga ini mirip dengan tenis, dengan pemain disatu sisi untuk memukul bola pemainan atau disebut Kok atau Shuttlecokc untu melewati net agar jatuh di bidang area pemainan lawan,  pemain juga harus mencegah lawannya untuk menjatuhkan bola permainan ke dalam area bidang yang dijaganya.

Untuk menambah wawasan kalian akan olahraga, berikut dibawah ini akan saya bahas tentang Olahraga Bulu Tangkis ini. Darimana cabang olahraga dan berasal darimana juga bagaimana awal sejarahnya?

Mungkin sebagain orang menyadari bahkan kamu sendiri mengenal nama Badminton itu berasal dari sebuah istana di kawasan Gloucester, jaraknya sekitar 200 kilometer seelah barat London Inggris. Nama Istana itu adalah Badminton Housem ditinggali ole Duke Of Beufort dan keluarganya pada abad ke 17, dan memang Duke Of Beufort ini adalah aktifis dari Olahraga yang sedang kita bahas ini, namun Beufort ternyata bukanlah penemu dari permainan ini.

Badminton menjadi satu-satunya cabang olahraga yang namanya diambil dari nama tempat.  Pada awalnya permainan ini bernama Battedore, dan bisa jadi bahwa Badminton ini adalah satu-satunya yang sejarahnya masih misterius.

Lalu kenapa permainan inu kemudian dikenal dengan nama Badminton? Dan karena asal mula permainan battledore ini juga misterius, Dulu orang menggunakan penepak dari kayu atau diebut Bat, dan ternyata permainnan ini sudah dilakukan di india, kepang dan Siam (yang kini Thailand) Yunani dan Cina , lebih dari 2000 tahun yang lalu. Di inggris ditemukan sebuah ukuiran kayu abad pertengahan yang memuat gambar anak-anak yang sedang menendang shuttlecock.

sejarah bulutangkis

Pada olaharaga yang menggunakan Shutlecokc ini memanng mempunyai daya tarik tersendiri, setelah bola kok di tepak atau dipukul keatas, begitu jatuh atau menurun kok akan melambat, dan ini memungkinkan orang mengejar untuk mengejar dan kembali menepaknya ke atas.

Pada tahun 1840 an dan 1850 an keluarga Duke Of Beoufort ke – 7 sering menjadi penyernggara permainan ini, Menurut Bernard Adams ( The Badminton Story , BBC 1980) dan anak-anak dari Duke ke tujuh inilah yang memainkan dihalaman depan rumah, namun karena merasa bosan, akhirnya mereka merentangkan tali diantara pintu dan perapian dan bermain dengan menyerbangkan kok melewati tali itu, itulah awal dari teciptanya net, apad akhir tahun 1850 – an mulailah dikenal jenis permainan baru, dan pada tahun 1860-an ada seorang menulis tentang Badmintoon Batlledore – A new Game, buku itu ditulis oleh Isaac Spraat dan menggambarkan terjadinnya evolusi permainan di Badmintoon House.

Oke sekian dulu artikel tentang sejarah Badmintoon atau biasa disebut dengan Bulu Tangkis, semoga bermanfaat yah!